Bismillah. . .
Welcome to my blog site, ,
enjoy reading, share your inspiration here. . ^^

regards,
Widya Kartika

Wednesday, April 11, 2012

Without Language, We are Nothing

Bismillah..

Telah lama ingin menulis tentang bahasa. Betapa luar biasanya satu field of study  ini.. (eits,,,bukan mentang-mentang aku seorang mahasiswi pendidikan bahasa yaa :P),..tapi nanti mari sama-sama kita renungi dan buktikan sendiri.

Selama lebih dari 5 semester ini mendalami ilmu bahasa asing, selama itu pula aku benar-benar menyadari dan diperkenalkan melalui ceramah dosen di kelas, diskusi, buku-buku, seminar, dll bahwa without language, we are nothing. Dan satu kata untuk hal itu…syukur.

Bagaimana tidak? Satu detik setelah kita dilahirkan ke dunia sebagai manusia, kita telah menggunakan bahasa. Salah seolah ahli bahasa menyatakan bahwa “the first language of human is crying.” Menangis… ya meskipun hingga kini masih kontroversi apakah menangis bisa dikategorikan sebagai bahasa atau tidak, karena bertentangan dengan beberapa definisi dan teori bahasa yang dikemukakan oleh para ahli lainnya. Dahulu kala ketika kita dilahirkan, dengan tangisan kita telah membuat sanak keluarga bersusah payah untuk memahami kita.

Atau sekarang, coba bayangkan sebuah benda di benakmu!

Yup…meskipun yang kau imajinasikan adalah sebuah gambar, tapi pikiranmu mengatakan sebuah kata…nama benda tersebut…bahasa.

Ok, masih belum percaya bahwa bahasa adalah SESUATU dalam hidup kita??

Sekarang, tolong sebutkan cabang ilmu mana di seluruh dunia ini yang tidak menggunakan bahasa???

Matematika, Fisika, Agama, Politik, Ekonomi, Budaya, Kimia, de el el…semua ilmu tersebut menggunakan bahasa untuk bisa dipelajari dan DIPAHAMI.

Bahkan….yang luar biasanya… Allah swt mewahyukan Al Quran, sebagai pedoman hidup nomor satu ummat manusia ,,,adalah dengan BAHASA (tertulis).

Ilmu yang pertama kali Allah ajarkan kepada Nabi Adam as manusia pertama yang Allah ciptakan ??? Nama-nama benda di muka bumi… BAHASA.

Surat Al-Baqarah ayat [31-33]

قَالَ اللهُ تَعَالى: وَعَلَّمَ ءَادَمَ الأَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلاَئِكَةِ فَقَالَ أَنبِئُونِي بِأَسْمَآءِ هَؤُلآءِ إِن كُنتُم صَادِقِينَ {31} قَالُوا سُبْحَانَكَ لاَ عِلْمَ لَنَآ إِلاَّ مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ {32} قَالَ يَآءَادَمُ أَنبِئْهُم بِأَسْمَآئِهِمْ فَلَمَّآ أَنبَأَهُمْ بِأَسْمَآئِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنتُمْ تَكْتُمُونَ{33}

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman:”Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika memang kamu orang yang benar!”, [31] Mereka menjawab:”Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. [32] Allah berfirman:”Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya nama-nama benda itu, Allah berfirman:”Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan [33]”.

 

Bayangkan jika Allah tidak menganugerahkan bahasa kepada seluruh manusia di dunia ini? Apa yang akan terjadi…? dunia akan hampa terasa ^^…  sepi. Tak ada komunikasi.

Telah kita pahami bersama, bahwa Allah swt tak pernah menciptakan sesuatu yang tak ada gunanya. Allah menciptakan organ-organ khusus pada manusia (speech organs) untuk berbahasa. Dan itu semua hanya Allah berikan kepada manusia…that’s why, hanya manusialah yang mampu berbahasa dibanding dengan makhluk lain (hewan atau tumbuhan).. namun salah seorang dosen mengatakan, kuasanya Allah, bahkan setiap hewan dan tumbuhan , serta makhluk ghaib (jin, malaikat) pun berbahasa dengan Allah..namun itu semua di luar pengetahuan kita sebagai manusia, mengenai bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan Allah. Namun jelas dalam Al quran kita mengetahuinya, dan menyakininya. ^^

Nah, ,kemampuan berpikir seseorang pun dipengaruhi dari bagaimana kemampuan ia berbahasa. Jika seseorang sering berinteraksi dengan menggunakan bahasa (berdiskusi, berbicara,  mendengarkan, membaca, menulis) maka dipastikan kemampuan berpikir orang tersebut akan meningkat seiring dengan semakin giatnya ia ‘berbahasa’.

Berbahasa bukan hanya sekedar berkomunikasi dengan sesama manusia baik itu tertulis maupun secara langsung melalui ujaran,,, namun lebih dari itu.

 

Berbahasa adalah bagaimana kita mengoptimalkan setiap potensi yang telah Allah berikan kepada kita… Karena dengan bahasalah kita meminta makan ketika lapar, meminta tolong ketika sedang dalam kesulitan, bertanya ketika ingin mengetahui sesuatu, bahkan Allah mengaugerahkan bahasa sebagai salah satu modal berharga untuk menciptakan perubahan-perubahan kecil dan besar untuk hidup kita dan orang banyak.

 

Dan dengan bahasa pula kita akan diuji. Sejauh mana kita mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh manfaat. ^^

Jangan takut juga untuk mempelajari banyak bahasa yang kita sukai. English, Arabic, Japanese, Spanish, France, Chinese, Dutch de el el ^^ karena memang telah Allah ciptakan kita yang ada di muka bumi ini terdiri dari berbagai suku bangsa dan tentu dengan ragam bahasanya.

Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Kami telahi menciptakan kamu dari seorang lelaki dan seorang perempuan, dan Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al-Hujurat (49): 13)

 

MARI BELAJAR BAHASA ^^

 

Wed, April 10th 2012

20.30 pm

 

No comments: